Sudut Pandang

15:48

We are is human. We were lived with different race, culture, and language. And we are is human, we’re lived in the different mind and opinion.
Terkadang seseorang tidak bisa menerima pendapat dari orang yang lebih muda, dan saat itu terjadi sering sekali kita mendengar kata-kata “ah dasar ketu lo (kecil-kecil tua)” atau “ah sok tua lo”. Apakah salah apabila orang yang lebih muda berargumen dan mengeluarkan pendapatnya? I mean kita hidup dinegara demokrasi yaitu Indonesia, yang dimana semua orang bebas berpendapat dan mengeluarkan aspirasinya. So I ask once more, is that wrong?? 

I think apabila hal itu masih sering kita dengar dan lihat, sebenarnya apa memang orang yang lebih muda itu yang berlagak sok tua atau memang orang yang membantahnya itu yang kolot? Ya kolot. Kolot karna dia sebenarnya hanya merasa malu, gengsi dan tidak bisa mengakui bahwa apa yang dikatakan orang yang lebih muda darinya itu adalah sesuatu yang benar dan masuk akal. Jadi mana yang benar? I let you to judge whatever you want.

Yap! Kembali lagi kepada fakta bahwa manusia memiliki sudut pandangnya masing-masing terhadap sesuatu hal, maupun itu pro ataupun contra. Semuanya tergantung kepada bagaimana kita menyikapinya, kita mau menerimanya atau bahkan menolaknya. Tidak semua hal yang kita anggap negative itu adalah buruk. Seperti halnya debat? Kata “Debat” itu sendiri terkadang muncul dengan bermacam makna, ada yang keluar dengan makna negative karna dapat menimbulkan konflik, ada juga yang muncul dengan makna positiv yaitu karna dengan adanya debat sebenarnya kita dapat saling bertukar pendapat dan informasi serta membuka sudut pandang lain karna adanya perspektif baru dari pandangan lawan debat itu sendiri.

Jadi jangan pernah takut untuk berargumen, mengeluarkan pendapat, bahkan berasumsi. Jadilah orang sekritis mungkin agar selalu mendapatkan informasi-informasi baru dari apa yang kita kritisi. Belajarlah dari sudut pandang orang lain, karna hal yang kita anggap benar itu belum tentu benar dan hal yang kita anggap salah itu belum tentu memang salah.

Don’t let your opinion buried, let them out and be brave to say what’s your thinking. And don’t be apathetic!

You Might Also Like

0 comments

Friends